Minggu, 25 Maret 2012

Supervisi dan Monitoring PLS ‘ Bidang Kesiswaan ‘ pada Kesetaraan Paket B di SKB Binjai

HASIL OBSERVASI
D
I
S
U
S
U
N
Olek : Kelompok II
Elvi Novita                    109 171 007
Isa Maya Sari       109 171 015
Sri Astuti             109 171 023


JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN


KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat Nyalah maka penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini tepat pada waktunya.
Dalam penyusunan makalah ini penulis banyak menghadapi rintangan terutama dalam pengumpulan materi yang dapat mendukung penyelesaian makalah ini. Pembahasan dari makalah ini adalah tentang “  Supervisi dan Monitoring PLS ‘ Bidang Kesiswaan ‘  pada  Kesetaraan Paket B  di SKB Binjai “
Makalah ini disusun sebanyak III Bab, Bab yang pertama berisi pendahuluan yang berisikan latar belakang dan tujuan,  kemudian yang kedua yaitu berisi mengenai pembahasan yang berisikan hasil observasi dan dokumen fungsi bidang kesiswaan , dan yang terakhir adalah mengenai penutup yang berisi kesimpulan dan saran penulis.
Penulis menyadari, bahwa sesungguhnya penulis masih dalam tahap pembelajaran, maka dari itu penulis memohon maaf apabila dalam penyusunan makalah ini. Penulis hayalah manusia yang tak luput dari kesalahan maupun kehilafan oleh karena itu untuk penyempurnaan penulisan-penulisan yang akan datang, penulis selalu mengharapkan masukan-masukan yang membangun dari para pembaca untuk perbaikan.


Medan, 26 Maret 2012

                                                                                                                   Penulis



 BAB I.
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Supervisi adalah aktivitas menentukan kondisi-kondisi atau syarat-syarat yang esensial yang akan menjamin tercapainya tujuan-tujuan pendidikan. Dengan kata lain suvervisi ialah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan   untuk membantu para guru dan pegawai sekolah lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Fungsi pengawasan atau supevisi  dalam pendidikan bukan hanya sekedar kontrol melihat apakah segala kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana atau program yang telah digariskan, tetapi lebih dari itu supervisi mencakup penelitian kondisi atau syarat-syarat personel maupun material yang diperlukan untuk terciptanya situasi belajar mengajar yang efektif dan usaha memenuhi syarat-syarat itu.
Kegiatan suvervisi bidang kesiswaan mengatur segala sesuatu mengenai siswa (peserta didik), sejak perencanaan, seleksi, penerimaan, penempatan diberbagai kelas, mutasi perpindahan, bimbingan, penilaian, pelaporan, dan lain sebagainnya. Semua kegiatan suvervisi di bidang kesiswaan ditunjukan kepada pemelihara hak dan kewajiban siswa sebagai anggota masyarakat sekolah yaitu hak untuk mendapatkan tempat dan fasilitas, hak untuk mendapatkan bantuan dan bimbingan, hak menerima pelajaran, sedangkan kewajiban siswa mentaati semua peraturan sekolah, wajib hadir pada waktu yan sudah ditentukan, wajib mengikuti ulangan, mengejakn tugas yang diberikan oleh guru dan lain sebagainya.
Supervisi bidang kesiswaan dimulai dengan bidang perencanaan jumlah siswa yang akan diterim, berapa jumlah siswa tiap kelas dengan persyaratan apa, bagaimana mengadakan seleksinya dan lain sebagainya. Factor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan jumlah, persyaratan dan prosedur penerimaan, misalnya jumlah tempat yang ada, jumlah murid yang sudah ada, jumlah anak yang belum masuk sekolah, jumlah guru yang ada, peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah dan masih banyak lagi.



B.     Tujuan
Adapun tujuan kami melakukan Observasi Bidang Kesetaraan pada Program Paket B di SKB Binjai yaitu :
1.      Untuk mengetahui kegiatan siswa yang ada di Program Kesetaraan Paket B di SKB Binjai.
2.      Untuk mengukur dan menilai yang ada di Program Kesetaraan Paket B di SKB Binjai dari segi Kesiswaannya
BAB II.
PEMBAHASAN
A.    Hasil Observasi
Dari observasi yang kami lakukan pada Program Kesetaran Paket B di SKB  Binjai, dengan melihat beberapa aspek yang ada, kami memperoleh hasil sebagai berikut   :
No.
Komponen
Aspek
Indikator
Intem Pertanyaan
Ada
Tidak
1.
Bidang Kesiswaan
Mengatur pelaksanaan penerimaan siswa baru berdasarkan perturan penerimaan mahasiswa baru.

Adanya peraturan bagi siswa baru
ü   

Penetapan usia siswa baru
ü   

Adanya test bagi siswa baru

ü   
Adanya dokumen yang perlu dilengkapi
ü   

Melengkapi administrasi

ü   
Mengelola layanan dan bimbingan konseling
Adanya karyawan di bidang layanan dan konseling
ü   

Adanya guru professional di bidang konseling

ü   
Adanya guru konseling penganti

ü   
Mencatat kehadiran dan ketidak hadiran siswa
Adanya buku absen
ü   

Mengatur dan mengelolah ekskul.
Adanya jenis-jenis ekskul
ü   

Adanya pembiaayaan untuk pelaksanaan ekskul
ü   

Adanya guru pembimbing ekskul
ü   

Adanya jadwal ekskul
ü   

B.     Dokumentasi  Fungsi Bidang Kesiswaan

  I.       Identitas pengamatan kegiatan bidang kesiswaan
1.      Nama Sekolah                         : Paket B SKB Binjai
2.      Alamat Sekolah                       :
3.      Nama Pengawas / Supervisor  :          
4.      Kelas                                       :
5.      Semester                                  :
6.      Waktu                                     :

II.       Penjelasan pengisian aspek dokumentasi
Berilah tanda  pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda, dan catatlah hal-hal yang penting berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan : 
1.      =   Tidak ada
2.      =   Kurang baik
3.      =   Cukup baik
4.      =   Baik
5.      =   Sangat baik
No.
Aspek Dokumentasi
1
2
3
4
5
Keterangan

1.
2.
3.
4.




5.
6.
7.


8.
9.
10.



11.
12.

13.
14.
15.

A. Penerimaan siswa baru
Peraturan bagi siswa baru?
Menetapkan usia bagi siswa baru?
Melakukan test bagi siswa baru?
Dokumen yang harus ilengkapi siswa baru?

B. Pengelolaan layanan bidang konseling
Karyawan di bidang konseling?
Guru professional dibidang konseling?
Guru konseling penganti?

C. Kehadiran-ketidak hadiran siswa
Buku absen ?
Melaksanaka absensi secara rutin?
Memberikan sanksi bagi siswa yang absen ( tanpa keterangan )

D. Pengaturan dan pengelolaan ekskul
Jenis-jenis kegiatan ekskul ?
Pembiayaan untuk pelaksanaan ekskul?
Guru pembimbing ekskul ?
Jadwal kegiatan ekskul ?
Pelaksanaan kegiatan organisasi sekolah?



ü   






ü   
ü   












ü   









ü   











ü   



ü   














ü   



ü   

ü   
ü   




ü   


ü   








ü   
ü   




Jumlah
4
5
4
0


Tabel Aspek Dokumentasi
No.
Jawaban
Frekuensi Mutlak
Frekuensi Relatif ( % )
1.
1
4
26.67— %
2.
2
2
13.33 %
3.
3
5
33.33 %
4.
4
4
26.67 %
5.
5
0
0 %
Jumlah
15
100 %

Keterangan
1.        x 100 % = 26 ,67 %        
2.        x 100 % = 13, 33 %
3.       x 100 %  = 33,33 %
4.       x 100 % =  26,67 %
BAB III.
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan pada Program Kesetaran Paket B di SKB Binjai kami dapat menyimpulkan bahwa kegiatan kesiswaan pada Program Kesetaran Paket B di SKB Binjai kurang baik, karena pada Program Kesetaran Paket B di SKB Binjai  ini masi erdapat banyak kekurangan seperti, tidak adanya tes masuk bagi siswa, tidak adanya guru atau pembibing konseling yang professional, tidak adanya sanksi yang tegas bagi siswa yang sering tidak hadir ( tanpa keterangan / membolos sekolah ), serta ekstrakurikuler yang kurang memadahi sehinga minat dan bakat siswa dan siswi tidak dapat tersalurkan secara optimal.

B.     Saran
Demi memajukan siswa hendaknya Program Kesetaran Paket B di SKB Binjai lebih memperhatikan lagi kebutuhan siswa-siswinya seperti melakukan tes bagi siswa yang masuk, memberikan sanksi yang tegas bagi siswa yang tidak hadir ( tanpa keterangan/ membolos ), menyediakan layanan bimbingan konseling yang professional agar murit lebih terarah, serta menambah ekstrakurikuler yang belum ada seperti ekskul sepak bola, computer, dls, serta meningkatkan mutu estrakurikuler yang sudah, dan selalu memantau setiap kegiatan yang di lakukan oleh setiap siswanya, senantiasa melakukan evaluasi dan mmperbaki segala kekurangan-kekerangan yang ada.


DAFTAR PUSTAKA
1.      Purwanto, Ngalim, M. 1987 . Administrasi dan Supervisi Pendidikan . Bandung : Remaja Rosdakarya


LAMPIRAN

               
                                                                                   ( Salah Satu Tutor/ Guru Bidang Study )    
( Jadwal Mata Pelajaran )
    
( Warga Belajar Program Kesetaraan Paket B di SKB Binjai )